Belajar dari KESALAHAN

A man must be big enough to admit his mistakes, smart enough to profit from tehm, and strong enough to correct them

– John C. maxwell –

Manusia dikatakan Alloh SWT adalah makhluk yang sempurna, bukan berarti tanpa melakukan kesalahan tapi sebaliknya. Manusia hidup penuh dengan kesalahan dan kealpaan. Oleh karena itu Alloh menciptakan bulan Ramadhan untuk menggembleng manusia supaya dapat belajar selama satu bulan penuh dengan berbagai amalan yang seharusnya diterapkan untuk sebelas bulan berikutnya. Sudahkan kita menyadarinya dengan sesadar – sadarnya sehingga mau melakukannya. Tulisan ini dibuat untuk diri saya sendiri, karena banyak sekali kealpaan dan kesalahan yang telah saya perbuat selama ini.

Kita dibekali Alloh sebuah akal. Akal manusia amatlah sangat terbatas, akan tetapi kemampuan akal ini akan terus berkembang sesuai dengan tempaan hidup. Setiap perbuatan yang kita lakukan pasti mempunyai banyak celah timbulnya kesalahan. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan dan ‘memberikan tanda’ agar tidak mengulanginya kesalahan yang sama di lain waktu. Seperti yang saya lakukan, membuat keputusan – keputusan besar dalam hidup dan ternyata apa yang saya puuskan itu salah. Terimakasih kepada istri dan keluargaku serta sahabat – sahabatku yang tidak pernah lelah untuk mengingatkannya.

Kita seringkali melakukan kesalahan yang sama, tetapi malah melakukannya kembali di waktu yang lain. Seperti menabung tidak akan membuat kaya dalam waktu singkat, tetapi kesalahan tersebut tetap dilakukan tanpa memikirkan strategi yang berbeda selain menabung. So, uang serasa datang dan pergi begitu saja tanpa ada bekasnya, karena uang yang ditabung akan digunakan sebagai tambahan pemenuhan kebutuhan dan keinginan hidup saja. Kita biasanya dihantui oleh ketakutan saat akan memulai sesuatu yang baru, dan akhirnya memilih untuk menyerah  dan melakukan hal yang sama. Bisa jadi kita melakukan hal lain yang kita sudah tahu bahwa apa yang kita lakukan sebenarnya bukan solusi terbaik dan sadar bahwa itu adalah suatu kesalahan.

Di sisi lain, orang – orang sukses tidak luput dari melakukan kesalahan, karena mereka juga manusia biasa yang sama seperti kita.Dalam berbisnis kerap kali melakukan kesalahan hingga merugi. Namun yang berbeda adalah mereka memiliki kekuatan mental yang seperti baja dan tidak mudah menyerah begitu saja. Mereka selalu mengevaluasi semua proses dan keputusan yang mereka ambil agar tidak mengulanginya di lain waktu. Semoga saya dan anda yang membaca tulisan ini tidak termasuk orang – orang yang mudah menyerah atas keadaan dan kesalahan yang telah kita perbuat. Semoga kita selalu belajar dan berpasrah diri kepada Alloh Azza Wa Jalla sehingga selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya.

Orang sukses akan selalu memperbaiki kesalahan dalam bisnis yang telah diperbuat. Kemudian akan memulai kembali prosesnya dari awal hingga berhasil. Namun, jika dalam evaluasi tidak ditemukan kesalahan maka akan diputuskan bahwa bisnis yang dilakukan adalah salah. Jadi mereka akan menghentikan kegiatan tersebut karena tidak menghasilkan keuntungan  yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *